Minggu, 21 Maret 2010

Pendapat Para Ahli Terhadap Perkembangan Teknologi Komunikasi

TUGAS MAKALAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI
“Pendapat Para Ahli Terhadap Perkembangan Teknologi Komunikasi”

DI SUSUN OLEH :
Nama : Anugrah Firza Nandhita
Nim : 1200993541
Kelas : 04PGO

Dosen : Nurul Candrasari, Ir., M.Si (D3387)
Mata Kuliah : Perkembangan teknologi komunikasi

Bina Nusantara University




KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang mana atas berkat, rahmat dan ridho-Nyalah saya dapat menyelesaikan makalah mata kuliah Perkembangan Teknologi Komunikasi dengan judul “Pendapat Para Ahli Terhadap Perkembangan Teknologi Komunikasi” makalah ini berisi perbandingan pendapat para ahli tentang perkembangan teknologi komunikasi, dan memilih pendapat yang kita setujui beserta alasanya. Saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman dan dosen saya, ibu Nurul Chandrasari yang telah memberikan dukungan kepada saya dalam menyelesaikan makalah ini.
Saya menyadari kalau dalam menyusun makalah ini masih jauh dari kata sempurna . Oleh sebab itu dengan hati yang terbuka, saya mengharapkan kritik serta saran yang membangun guna kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua, Amin..




Jakarta, 18 maret 2010




BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Manusia berkomunikasi untuk membagi pengetahuan dan pengalaman. Bentuk umum komunikasi manusia termasuk bahasa sinyal, bicara, lisan, “gesture” dan ”broadcasting”. Komunikasi dapat berupa intekaktif, transaktif, betujuan atau tak bertujuan.Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain. Akan tetapi, komunikasi hanya akan efektif apabila pesan yang disampaikan dapat ditafsirkan sama oleh penerima pesan tersebut. Dewasa ini komunikasi menjadi lebih cepat, efektif, dan efisien dengan kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Teknologi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia zaman sekarang. Bahkan dapat dikatakan, seluruh aspek kehidupan seperti bidang sosial, politik, dan ekonomi, telah bersentuhan dengan teknologi. Dalam bidang sosial, teknologi telah mempercepat terjadinya komunikasi dan mampu mempererat hubungan manusia dari berbagai belahan dunia.


BAB II
LANDASAN TEORI

A. Pengertian Teknologi.
Kata teknologi harfiah berasal dari bahasa ”texere” yang berarti menyusun atau membangun. Sehingga istilah teknologi seharusnya tidak terbatas pada penggunaan mesin, meskipun dalam arti sempit hal tersebut sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
B. Pengertian Komunikasi.
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihakl lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukan sikap tertentu, misalnya tersenyum,menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti itu disebut komunikasi nonverbal.
C. Pengertian Teknologi Komunikasi.
Menurut BNET Business Dictionary (2008) Teknologi Komunikasi adalah sistem elektronik yang digunakan untuk berkomunikasi antara individu atau kelompok orang. Teknologi komunikasi menfasilitasi komunikasi antara individu atau kelompok yang tidak bertemu secara fisik di lokasi yang sama, berupa telfon, telex, fax, radio, televisi, e-mail.


BAB III
PEMBAHASAN

A. Pendapat Para Ahli Tentang Teknologi komunikasi.
• Roger (1983) teknologi adalah suatu rancangan (desain) untuk alat bantu tindakan yang mengurangi ketidakpastian dalam hubungan sebab akibat dalam mencapai suatu hasil yang diinginkan.
• Jacques Ellul (1967) Suatu teknologi biasanya mempunyai dua aspek yaitu aspek hardware (terdiri dari material atau objek fisik) dan aspek software ).
• Gary J. Anglin (1991) mengartikan teknologi sebagai keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia.
• Yusufhadi Miarso (2004) .mendefinisikan teknologi sebagai penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan menyistem, untuk memecahkan masalah (Yusufhadi Miarso, 2004).
• Rogers (1986) Teknologi komunikasi adalah peralatan-peralatan keras, struktur organisasi,dan nilai sosial dengan mana individu mengumpulkan, memperoses terjadinya pertukaran informasi dengan individu lain.
• Robert I. Mathis dan Jhon H. Jackson (2004) Perkembangan dan evolusi telekomunikasi dan teknologi yang membantu pengiriman informasi yang cepat. Teknologi komunikasi seperti satelit telah menghadirkan televisi dan layanan telepon nirkabel ke desa-desa terpencil di Afrika, India, China, dan Amerika Latin. Pertumbuhan pengunaan internet di seluruh dunia telah menjadikan orang-orang dan perusahaan-perusahan dapat dengan mudah berkomunikasi dan memiliki akses data dalam jumlah yang sangat besar.
• Eric Deeson (1991) Kebutuhan manusia di dalam mengambil dan memindahkan, mengolah dan memproses informasi dalam kontek sisial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan bagaimana implikasinya agar dapat menguntungkann secara individual dan masyarakat secara lebih khusus.
• Jaques Ellul (1967) Keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki cara efiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia.
• Iskandar Alisyahbana (1980) cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat, atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indera, dan otak manusia.
• Ely (1982) Teknologi mencakup sistem-sistem komunikasi satelit, kabel interaktif dua arah, komputer dan vidio disk serta vidio cassete.
• Richard Weiner (1996) Pemerosesan, pengelolahan dan penyebaran data oleh kombinasi komputer dan telekomunikasi.


B. Pendapat Ahli Yang Di Pilih Beserta Alesanya.
Saya memilih lebih setuju dengan pendapat Rogers (1986) Teknologi komunikasi adalah peralatan-peralatan keras, struktur organisasi,dan nilai sosial dengan mana individu mengumpulkan, memperoses terjadinya pertukaran informasi dengan individu lain. Karena Informasi adalah pekerja adalah individu yang kegiatan utamanya adalah memproduksi, memproses atau menyebarkan informasi dan menghasilkan teknologi informasi. Pekerja informasi khas pendudukan adalah guru, ilmuwan, wartawan surat kabar, komputer programer, konsultan, sekretaris dan manajer. Orang-orang ini menulis, mengajar, nasihat diri, memberikan perintah dan sebaliknya informasi transaksi . Dan semuanya itu memiliki teknologi untuk berkomunikasi.
Contohnya : Sekelompok masyarakat kecil yang tidak bisa berkumpul, tetapi ingin selalu mengetahui informasi tentang kelompok tersebut . Dengan cara menggunakan perangkat keras yaitu bisa dengan telefon atau komputer . Dan bagi masyarakat yang ingin melihat berita yang belum sempat dilihat, bisa melihat kembali berita tersebut di komputer dan alat penyambung koneksi internet .







BAB IV
KESIMPULAN

Teknologi berkembang dengan pesat. Kemajuannya sesungguhnya tergantung pada manusia itu sendiri. Seandainya manusia enggan untuk mengembangkan teknologi, tak mungkin ada kemajuan teknologi. Dengan demikian, kesempatan untuk memperoleh kemudahan dan kesejahteraan yang dapat dicapai dengan bantuan teknologi, yang dimanfaatkan dengan cara yang benar.
seluruh aspek kehidupan seperti bidang sosial, politik, dan ekonomi, telah bersentuhan dengan teknologi. Dalam bidang sosial, teknologi telah mempercepat terjadinya komunikasi dan mampu mempererat hubungan manusia dari berbagai belahan dunia dengan menggunakan perangkat keras seperti

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar